![]() |
|||
.::Profile::.
Seksi Kajian Mutu Pendidikan LPMP Gorontalo Jl. Tunggulo Tilongkabila Kab. Bone Bolango Gorontalo K l i k : AlbuM KMP CreW .:: C r e W ::. .:: !Yahoo Msg! ::. .:: L i n k s ::. .::Pesan Kamu::.
Anda PengunjunG Ke: .:: Ar$hip KMP ::. 02/01/2005 - 03/01/2005 03/01/2005 - 04/01/2005 04/01/2005 - 05/01/2005 05/01/2005 - 06/01/2005 06/01/2005 - 07/01/2005 07/01/2005 - 08/01/2005 04/01/2006 - 05/01/2006 .:: Thanks To ::. ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Wednesday, March 16, 2005 Class Action Research Kemarin KMP CreW bagi2 tugas. Tugas ini sehubungan dengan Program Penelitian Tindakan Kelas(PTK) atau bahasa kerennya Class Action Research (CAR) oleh LPMP Gorontalo dan sesuai TuPokSi maka seksi KMP yang menjadi penanggung jawab programnya. Karena KMP CreW pada binggung, soalle semua masih 'blank' tentang PTK ini, maka kemarin "NiNonK" langsung ngasih saran untuk membagi tugas mencari semua info tentang PTK. Masing2 CreW dibagikan 1 buah buku untuk dikaji, dipahami, dimengerti kemuadian membuat resume agar nanti pada penyusunan Proposal bisa memberikan ide tentang 'bagaimana' dan 'apa' yang harus dilakukan pada saat penelitian nanti. Diantara CreW langsung klik IE untuk mencari info tentang PTK atau CAR. Sebenarnya PTK itu apa sih?? Nah, buat CreW... jangan maen game mulu yaaaa! baca nih... bacaaaaaaa!! Apa PTK ? Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu Penelitian Berbasis Tindakan (PBT) yang mengkaji dan meneliti tentang masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran di sekolah agar proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dapat ditingkatkan, tujuan pendidikan tercapai dan dapat diaktualisasikan secara sistematis. Dengan PBT diharapkan dapat menciptakan sebuah budaya belajar (learning culture) di kalangan dosen di LPTK, dan guru-siswa di sekolah. PTK manawarkan peluang sebagai strategi pengembangan kinerja, sebab pendekatan penelitian ini menempatkan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya sebagai peneliti, sebagai agen perubahan yang pola kerjanya bersifat kolaboratif (collaborative). Mengapa PTK ? Penelitian Tindakan Kelas ini antara lain bertujuan : 1. Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah; 2. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran danpendidikan di dalam dan luar kelas; 3. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan; 4. Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan LPTK, sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable); 5. Meningkatkan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di sekolah dalam melakukan PBT; 6. Meningkatkan kerjasama profesional di antara pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan LPTK. Apa saja yang dikaji dalam Penelitian ? Bidang Kajian Penelitian: 1. Masalah belajar siswa sekolah (termasuk di dalam tema ini, antara lain: masalah belajar di kelas, kesalahan-kesalahan pembelajaran, miskonsepsi, dan sebagainya); 2. Desain dan strategi pembelajaran di kelas (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran, implementasi dan inovasi dalam metode pembelajaran, interaksi di dalam kelas, dan sebagainya); 3. Alat bantu, media, dan sumber belajar (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam/luar kelas, dan sebagainya); 4. Sistem evaluasi (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran, pengembangan instrumen evaluasi berbasis kompetensi, dan sebagainya); 5. Masalah kurikulum (termasuk dalam tema ini, antara lain: masalah implementasi KBK, interaksi guru-siswa, siswa-bahan abelajar, dan lingkungan pembelajaran, dan sebagainya. Hasil yang diharapkan? Yang diharapkan dihasilkan dari PBT adalah sebuah peningkatan atau perbaikan (improvement and theraphy), antara lain: 1. Peningkatan atau perbaikan terhadap kinerja belajar siswa di sekolah; 2. Peningkatan atau perbaikan terhadap mutu proses pembelajaran di kelas; 3. Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainnya; 4. Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa; 5. Peningkatan atau perbaikan terhadap masalah-masalah pendidikan anak di sekolah; 6. Peningkatan dan perbaikan terhadap kualitas penerapan KBK dan kompetensi siswa di sekolah. Ehmm.. rupanya KMP CreW dapat PR nih......!!! So, jgn maen game aja yaaaa... hikssss
Comments:
Post a Comment
|
||